5 Penyebab Piston Vespa Sering Macet / Ceket / Ngejim


KARAKTERISTIK PISTON VESPA

Piston / seher / seker vespa itu berdiameter cukup besar bradah yaitu 57,8 dan setiap naik size nya itu di tambah 0,2mm. Nanti akan Admin jelaskan pada postingan berikut-nya yang khusus membahas diameter dan karakteristik seher piston vespa berdasarkan merk-nya.

hello gan, ada update baru nih dari mimin. Cek artikel terbaru kita: cek disini

Nah, pada intinya vespa itu mesinnya square engine atau panjang stang dengan diameter piston ukurannya gak terlalu jauh. Bisa dibilang vespa ini punya karakter bawah yang biasa saja dan karakter nafas atas yang oke punya, misalnya ketika tanjakan vespa memang gak kenceng, tapi segimanapun itu jalan nanjak vespa bakal bisa nempuh sampe tujuan tanpa ngos ngosan ( asumsi mesin standar dan sehat ).
busihitam penyebab piston ceket ngejim


** Notes **


======================================================================

Sebelumnya, please... Kalian bacanya harus bertahap dan sabar, supaya pengalaman yang Admin punya bisa masuk ke hati kalian dan bisa di aplikasikan atau hanya di hafal saja sebagai bahan wawasan is oke.
________________________________________________________________________________
======================================================================

APA YANG MENYEBABKAN PISTON VESPA MACET ?

Kenapa piston vespa sering macet? cepet panas? di gas dengan kecepatan konstan langsung mati? ngendus? gakuat di gas lama?  gakuat nanjak? mesin terasa loyo pada putaran atas ? mesin seperti teriak dan kehabisan tenaga?


1. Setingan Karburator

Simpel bradah, keliatannya sepele. "But, as my experience this is an important thing that can make your vespa stopped at twice or more". #busihitamquotes Jadi setingan karburator pada vespa itu ngaruh banget, gak bisa asal dan gak bisa cuma perasaan ataupun feeling dan apalah itu orang-orang bengkel bilang "yaa setel angin karburator vespa sih pake feeling aja" MATAMU SOMPLAK ! apa kau bilang kalau mati ditengah perjalanan pas lagi nyusul kendaraan besar?

Makan deh itu piston kalo macet di jalan #peace. Mau sejago-jagonya montir yang berpengalaman dengan FEELING nya itu, seberapa persen sih feeling itu bener? apakah feeling gak bisa meleset ? mekanisme kerja feeling dengan kerja mesin yang sudah ada standar prosudernya itu gimana?
"AH BACOT NIH ADMIN !", iya iyaaaa maaf. ayok lanjut lagi.

Lantas bagaimana ini setingan karbu nya ? yaps kalian harus borosin stelan karbunya, misalnya vespa kamu macet pada kisaran kecepatan 60km/h konstan. Kamu bisa ganti spuyer atau kita sering sebut mainjet. Ganti dari yang standarnya naikin 1 step, biasanya untuk vespa super itu standar-nya ada yang 88, 90, 102.

Kalian naikin 1 step ke nomer yang lebih besar, misal dari 88 maka kalian naikin aja jadi 90. Cobain deh tancap lagi gasnya, pasti ada perubahan.


2. Korter Blok yang jelek

Ini yang sempet admin alami beberapa waktu kebelakang, dan udah admin bahas piston vespa ngejim terus. Jadi biasanya ketika piston motor kalian naik size-nya, silinder blok vespa kamu itu korteran-nya bisa aja kurang pas, spelling atau celah-nya kurang besar jadi piston baru dengan silinder blok yang udah di korter itu terlalu rapat, maka dari itu vespa kamu tenaga terasa berat.

3. Ring piston pecah / jelek

Ring piston itu jarang kena sih, tapi bisa aja terjadi sometimes. Hati-hati ketika pemasangan ring piston itu harus benar-benar bersih, jangan sampe ada kerikil atau kotoran di selah-selah ring piston. Nanti pas piston bergerak itu ring bakal nge-press ke blok silinder vespa kamu, kalo ada benda-benda kecil yang menggangu bisa terjadi gesekan berlebih sehingga membuat panas motor kalian bradah, and died!

4. Head silinder terlalu dekat dengan Blok silinder

Khusus buat kalian yang udah coba-coba di rubah kontruksi mesin bagian atasnya seperti papas head silinder vespa untuk memaksimalkan tarikan awal, itu harus di perhitungkan juga, terutama derajat squish dan berapa milik kalian memapas itu headline nya.

Kalo terlalu dekat, kasian blok-nya. Letupan api dari busi terlalu cepat, jadi bikin mesin cepet panas. Ya kalo udah mesin overheat, di bawa maju? Loyo dong dan lama-lama bakalan macet tuh piston vespa kamu.

5. Knalpot yang mendem.

Tragedi ini jarang terjadi, tapi pernah sih beberapa temen ngalamin ini. Knalpotnya dia tuh dah banyak banget kotorannya, jadi itu motor Vespa Sprint Veloce larinya kalah sama vespa super milik admin. Dari situ makanya aneh, langsung deh ke tukang las karbit dan knalpot vespa-nya dibedel. #ehhhh ngacir deh gak mogokan lagi.

Itu dia 5 Penyebab Seher atau Piston Vespa sering ngejim, ceket, panas, overheat dan mogok.
silahkan dicek lagi si semoknya gan. Jangan sampe dibiarin macet terus, kasian dia itu butuh energi. Biaya untuk benerin-nya gak begitu mahal kok, gak akan lebih dari 200 ribu beneran deh!

Semoga bermanfaat postingan Admin kali ini, kalau ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar saja pada box-comment di bawah ini. Sampai jumpa di postingan berikut-nya ya bradah!

13 Responses to "5 Penyebab Piston Vespa Sering Macet / Ceket / Ngejim"

  1. mantap bermanfaat sekali min thanks berat!

    ReplyDelete
  2. Minta id line atau wa dong min buat tanya tanya lebih jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. via fb aja mas,
      https://www.facebook.com/profile.php?id=100014967042718

      Delete
  3. Boss di vespa saya exclusive 2 tuu sebelum turun mesin, keluar bunyi cirrrrrrrrrr kalau digas tambah nyaring. Setelah tu diturunin mesinnya tetep ada suara itu.. sebabnya apa ya gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dari magnet atau pelor2 yg ada d dlm mesin gan. ring seher jg memppengaruhi gan

      Delete
    2. Apa kalo seher baru itu harus rayen lagi...

      Delete
  4. untuk point no.5 ada cara membersihkan knalpot 2 tak yg ampuh dan sudah saya coba sendiri, tipsnya dapat dr komunitas penggemar 2 tak. bersihkannya jangan ke tukang las karena biasanya feel knalpotnya bakal beda kl pengerjaannya buruk. yg murmer dan bs dilakukan sendiri pakai soda api beli di toko bangunan 6000-7500 saja untuk 3 plastik kecil. selain itu siapkan juga air panas dan kentang serta plastik dan karet gelang. pertama setelah knalpot dilepas dan bawa ke tempat yg aman, maka sumbat ujung belakangnya pakai kentang dan ditutup pakai plastik dan karet. setelah itu masukkan remahan soda apinya (jangan sampai kena tangan) dan tuangkan air panas. nanti itu akan berasap knalpotnya. biarkan sampai 12 jam minimal. setelah itu isinya bs dibuang dan biasanya bentuknya udah kayak lumpur. tips ini hanya cocok bagi knalpot yg tanpa katalitik konverter, jd aman buat vespa.hehe selamat mencoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah tipsnya sangat bermanfaat gan, makasih loh tambahannya :)
      semoga temen-temen yang lain juga mencoba cara yg lebih murah meriah ini

      Delete
  5. Om Vespa ane ngejim terus susah di selah padahal blok udah di lepas, cuma muter setengah putaran selebihnya macet om kenapa ya?

    ReplyDelete
  6. Oom, mo tanya Vespa saya selalu ngejim klo panas, apa krn saya kolter?Bgmna mengatasinya

    ReplyDelete
  7. Om vespa saya kalo jalan datar bisa kenceng tapi klo nanjak kok angop ya Om.. kata orang bengkel efek pakai knalpot racing buang kiri karena knalpotnya terlalu ngelos.. apa bisa berpengaruh om ? Mohon pencerahannya om biar bisa gas lagi

    ReplyDelete
  8. Om, vespa saya pas di engkol keluar asap dari lobang minyak nya.. kenapa ya?

    ReplyDelete

ada saran? kritik? atau ingin berkomentar? ketik aja dibawah sini!